backsound

Jumat, 14 Oktober 2011

Sekilas Mengenai Pemograman Berorientasi Object ( PBO )


Pemograman Berorientasi Object ( PBO ) atau Oreinted Object Programming ( OOP )

Pemograman Berorientasi Object merupakan paradigma pemograman yang berorientasikan objek. Semua data dan fungsi di dalam paradigma ini dibungkus dalam kelas ( objek ) dan setiap objek dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirim pesan ke objek lainnya.


Konsep - konsep dasar dari pemograman berorientasi objek :
* Kelas adalah kumpulan atas definisi data dan fungsi-fungsi dalam suatu unit untuk suatu tujuan  tertentu.

* Objek berguna membungkus data dan fungsi bersama menjadi suatu unit dalam sebuah program komputer yang merupakan dasar dari modularitas dan struktur.

* Abstraksi adalah kemampuan sebuah program untuk melewati aspek informasi yang diproses oleh PBO.

* Enkapsulasi berguna untuk memastikan pengguna sebuah objek tidak dapat mengganti keadaan dalam dari sebuah objek dengan cara yang tidak layak dan hanya metode dalam objek tersebut yang diberi ijin untuk mengakses keadaannya.

* Polimorfisme melalui pengiriman pesan. Tidak bergantung kepada pemanggilan subrutin, bahasa orientasi objek juga dapat mengirim pesan.

* Inheritas berfungsi untuk mengatur polimorfisme dan enkapsulasi dengan mengijinkan objek didefinisikan dan diciptakan dengan jenis khusus dari objek yang sudah ada. Objek-objek ini dapat membagi dan memperluas perilaku mereka tanpa harus mengimplementasikan ulang perilaku tersebut, namun bahasa berbasis objek tidak selalu memiliki inheritas.


Bahasa pemrograman yang mendukung PBO antara lain :
  •    Visual Foxpro
  •    Java
  •    C++
  •    Pascal (bahasa pemrograman)
  •    Visual Basic.NET
  •    SIMULA
  •    Smalltalk
  •    Ruby
  •    Python
  •    PHP
  •    C#
  •    Delphi
  •    Eiffel
  •    Perl

Contoh kasus PBO menggunakan Java ( JCreator ) :



class aritmatika
{
public static int pertambahan(int a,int b)
{
return (a+b);
}
public static int pengurangan(int a,int b)
{
return (a-b);
}
public  static int perkalian(int a, int b)
{
return (a*b);
}
public static int pembagian(int a,int b)
{
return(a/b);
}
}

class aritmatikaberaksi
{
public static void main(String[]args)
{
System.out.println(“Pertambahan : ”+aritmatika.pertambahan(20,20));
System.out.println(“Pengurangan : ”+aritmatika.pengurangan(10,5));
System.out.println(“Perkalian        : ”+aritmatika.perkalian(10,20));
System.out.println(“Pembagian    : ”+aritmatika.pembagian(21,2));
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar